STIMULASI DAN FRACTURING ACID

Stimulasi: suatu usaha untuk merangsang formasi agar bisa memproduksi secara maximum, yang disebabkan oleh pengurangan permeability yang dikarenakan oleh penyumbatan pada formasi
Fracturing acid: untuk membuka suatu zone atau formasi yang lebih ketat yang memerlukan tekanan yang lebih tinggi agar bisa membentuk atau membuka  flow chanels ke well bore dengan menggunakan acid, penyebab-penyebab penyumbatan:
1.        Well bore damage oleh drilling fluid, mud cake, filtrates dan materi lainnya yang menempel pada dinding well bore, clay yang ada diformasi menggumpal didepan perforasi sehingga semuanya ini dapat menghambat jalannya oil dan gas masukkan kedalam well bore
2.        Formation damage setelah well berproduksi, reservoir fluid selalu membawa solid partikel sewaktu memasuki well bore, sebahagian yang dihasilkan adalah air dan air ini membawa mineral-mineral yang larut bersamanya yang mempunyai sifat “low solubility” antara lain
·      Calsium carbonate (CaCo3)
·      Calsium sulfate (CaSo4)
·      Barium sulfate (BaSo4)
·      Iron compound (FeS, Fe203)
Cara mengatasinya:
1.         Menggunakan mechanical tools seperti, washer, swab tool, perforating gun
2.         Dengan acid treatment seperti, menggunakan acid
Prosedur keselamatan kerja untuk menangani acid:
1.         Sebelum operasi pengasaman dimulai, perlengkapan kepala sumur dan saluran injeksi harus diuji secara hidrostatis ketekanan uji yang semestinya. Katup searah harus dipasang diatas kepala sumur untuk mencegah aliran balik.
2.         Operasi pengasaman khususnya pendorong asam dan pembersihan kembali peralatan pengasaman, mungkin akan dapat menghasilkan H2S yang berbahaya. Alat bantu pernafasan harus dipakai pada waktu keadaan itu terjadi.
3.         Air pembersih atau pembersih mata harus tersedia untuk membersihkan mata dengan segera
4.         Personel yang menangani asam harus dilengkapi dengan pakaian pelindung, termasuk pelindung pernafasan, kaca mata keselamatan, sarung tangan karet yang sesuai dengan sepatu boot. Persediaan air dan kapur yang cukup harus tersedia untuk menetralisirkan tumpahan asam atau sentuhan dengan kuli.

5.         Saluran dari unit pompa kewell head harus memiliki katup searah yang dipasang sedekat mungkin dengan kepala sumur, uji tekanan yang tidak kurang dari pompaan maksimum yang diharapkan harus dilakukan pada pembangunan kekepala sumur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "STIMULASI DAN FRACTURING ACID"

Post a Comment