Mengenal Apa Itu Teknik Produksi Migas

Dalam bidang perminyakan, mengenal tentang Teknik Produksi. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Teknik Produksi tersebut? Fokus dalam Ilmu Perminyakan dapat dibagi menjadi tiga keahlian, diantaranya adalah Teknik Reservoir, Teknik Pemboran, dan Teknik Produksi. Disini, akan dibahas sedikit dan pengantar, apa yang dimaksud dengan Teknik Produksi.
Teknik Produksi merupakan bagian dari bidang keahlian Teknik Perminyakan. Teknik Produksi mempelajari tentang cara-cara mengeluarkan fluida dari reservoir ke permukaan. Hal yang perlu diperhatikan dalam memproduksikan sumur adalah besarnya laju produksi (q), yang akan diperoleh dengan menggunakan metode produksi tertentu dan merupakan laju produksi yang optimum. Secara keseluruhan, yang mendasari Teknik Produksi terdapat dua hal pokok, yaitu :

  • Aliran fluida dari formasi ke dasar sumur (melalui media berpori)
  • Aliran fluida dari dasar sumur ke permukaan (melalui media pipa)


Kedua poin tersebut, sangat berperan dalam hal perencanaan sistem produksi suatu sumur. Untuk aliran fluida dari formasi ke sumur melalui media berpori, dipengaruhi oleh sifat fisik batuan reservoir di sekitar lubang bor dan gradient tekanan antara reservoir dan lubang bor.
Hal yang perlu diketahui untuk aliran fluida dari dasar sumur sampai ke permukaan melalui media berpori adalah, besarnya tekanan yang terjadi selama aliran tersebut. Besarnya tekanan tersebut harus dihitung dengan metode yang sudah dikembangkan. Secara umum metode produksi dapat dibagi menjadi dua yaitu sembur alam (natural flow) dan pengangkatan buatan (artificial lift).
Cara pengangkatan buatan ini dilakukan supaya produksi sumur dapat dipertahankan. Hal ini dikarenakan kemampuan produksi suatu sumur semakin lama, akan semakin berkurang (decline). Faktor lain yang dapat mempengaruhi, dikarenakan dari awal memang kemampuan produksi sumur kecil, sehingga tidak dapat dilakukan secar sembur alam.
Kemampuan produksi sumur kadang sedemikian kecilnya karena dipengaruhi oleh kecilnya permeabilitas1) di sekitar lubang bor. Penyebabnya dikarenakan adanya padatan yang menutup pori batuan atau pengaruh dari filtrat lumpur pemboran di sekitar lubang bor. Untuk tetap meningkatkan kemampuan sumur, dapat dilakukan dengan perangsangan sumur (well stimulation) sesuai jenis batuannya.
Teknik Produksi, menjadi hal yang sangat penting dalam Industri Perminyakan, karena disinilah proses minyak diangkat dari reservoir, selanjutnya akan diolah yang  nantinya akan dipasarkan. Selain itu, Teknik Pemboran dan Teknik Reservoir tak kalah pentingnya karena dalam Industri Perminyakan, satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Apa Itu Teknik Produksi Migas"

Post a Comment