FASILITAS PRODUKSI DI PERMUKAAN

Gathering station

       Stasiun pengumpul atau lebih dikenal dengan Gathering station pada dunia perminyakan ini berfungsi sebagai tempat pengumpul fluida hasil produksi (minyak, air, gas) yang dihasilkan dari sumur-sumur minyak pada sebuah lapangan, kemudian fluida tersebut dipisahkan menurut kebutuhannya.

Gas boot
       Gas boot adalah alat yang berfungsi untuk
  1. memisahkan gas dan liquid agar gas tidak masuk ke Free Water Knock Out (FWKO) atau wash tank.
  2. membantu mengurangi dan menstabilkan pressure yang datang dari separator
  3. flow splitter atau well sebelum masuk ke wash tank.
  4. Pencegahan ikutnya gas dan penstabilan pressure dalam wash tank perlu dilakukan agar tidak menganggu kepada proses pemisahan air dan minyak.
PERALATAN GAS BOOT :
1. Baut fondasi
2. Guy line
3. Drain valve
4. Pressure gauge pada inlet dan outlet
5. Baffle
6. Man-Hole
7. Inlet dan outlet valve

Flow Splitter
       Fungsi flow splitter adalah untuk memisahkan gas dari liquid, memisahkan pasir dari liquid dan membagi aliran liquid ke gas boot.
       di Duri field fluidamasukke flow slpitter

Free Water Knock Out
Free Water Knock Out (FWKO) adalah primary wash tank yang berfungsi memisahkan air, minyak, dan pasir serta sedimen terproduksi secara gravitasi. Fasilitas ini hanya terdapat di HO karena fluida yang dihasilkan banyak mengandung sedimen atau pasir bercampur lumpur, sehingga harus dibangun tanki ini agar settling time menjadi lebih lama waktunya.
PERALATAN FWKO :
1) Water leg
                                Berfungsi menaikkan dan menurunkan level air dengan menambah dan mengurangi O-ring.
2) Sample cock
    Tempat mengambil sample dan untuk mengetahui level air di tanki. Operatormemeriksa level secara berkala pada sample cock yang tersedia pada setiap selisih satu feet mulai dari spill over level sampai mendapat water cut 100 %, dan mencatat hasil BS&W dari setiap sample cock tersebut.
                3) Sand jet
        Untuk menyemprot gundukan pasir yang mengeras di dasar tanki agar bisa di-drain ke parit. Air yang mengandung pasir, slop oil, sludge, dan emulsion dialirkan melalui parit ke sand trap selanjutnya ke pit.

Wash tank
       Wash tank adalah suatu alat yang digunakan untuk menampung fluida yang datang dari sumur-sumur minyak setelah separator atau splitter dan gas boot. Disamping itu, wash tank juga berfungsi untuk memisahkan air dan minyak.
       Kapasitas wash tank yang digunakan pada setiap gathering station berbeda-beda tergantung dari hasil produksi field yang bersangkutan dan retention time dari fluida. Jika kapasitas cukup besar, retention time di dalam wash tank menjadi semakin lama. Semakin lama retention time akan menyebabkan proses pemisahan minyak dan air menjadi semakin baik. Baik dan tidaknya pemisahan minyak dan air juga dipengaruhi oleh temperatur fluida dan chemical yang diinjeksikan di incoming line

Scrubber
       Scrubber merupakan unit yang berfungsi untuk memisahkan cairan yang masih terkandung di dalam gas, proses pemisahannya hampir sama dengan gas boot yaitu karena adanya perbedaan berat jenis.

Flare stack
       Flare stack merupakan suatu unit yang berfungsi untuk pembakaran gas dari gas boot, gas mengalir dari atas gas boot kemudian masuk ke scrubber di sini terjadi proses pemisahan jika masih terdapat kondensat di gas.kondensat harus di pisahkan ini dikarenakan jika terbakar di flare akan membahayakan lingkungan selain itu juga kondensate dapat di manfaatkan untuk cleaning peralatan.

Shipping Tank
       Shipping tank berfungsi untuk menampung minyak yang sudah dibersihkan di wash tank untuk dipompakan kefasilitas berikutnya dan membersihkan kesempatan air untuk mengendap jika masih ada yang terbawa bersama minyak dari wash tank, kemudian air atau emulsi yang ada didasar shipping tank dipompakan kembali masuk ke inlet boot.


Shipping Pump
       Shipping pump merupakan pompa yang berfungsi untuk mentransfer minyak dari gathering station. Shipping pump yang digunakan adalah pompa positif displacement yang dirancang untuk memompakan minyak mentah dari GS ke pengapalan. Pada discharge pompa ini dipasangkan PSV (Pressure Shipping Valve) dishipping line agar terhindar dari kebocoran atau pecah. Kemudian dipasangkan high pressure switch untuk mematikan shipping pump dan setting dibawah working pressure shipping line.

Meter Reading
       Meter Reading merupakan unit yang berfungsi untuk merecord atau mencatat data minyak yang dikirim ke Gathering Station. Data minyak yang dikirim akan tercatat di tiket meter yang diganti setiap 24 jam.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FASILITAS PRODUKSI DI PERMUKAAN"

Post a Comment