PRODUKSI OKSIGEN

Oksigen adalah gas unsur kimia yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa yang muncul dalam kelimpahan yang besar di bumi, terperangkap oleh atmosfer. Banyak orang yang akrab dengan oksigen, karena merupakan komponen vital dari proses respirasi; tanpa itu, sebagian besar organisme akan mati dalam beberapa menit.

3.1 Sifat oksigen
·           Tidak berbau
·           Tidak berasa
·           Tidak bewarna
·           Tidak dapat terbakar
·           Mendukung pembakaran

3.2 Bahaya Oksigen
·           Mudah menimbulkan kebakaran dan ledaka, jika bereaksi dengan bahan bakarat dan yang mudah terbakar
·           Dalam bentuk cair jika terkena kulit dapat menyebabkan terbakar hebat dan kerusakan jaringan badan
·           Berbahaya menghirup oxygen murni dalam jumlah besar Gas oxygen dalam kemasan cylinder baja bertekanan tinggi

   
  3.3 Penggunaan Oksigen

        Dalam pengobatan, oksigen memiliki beberapa manfaat. Hal ini kadang-kadang ditawarkan untuk terapi pasien yang mengalami kesulitan bernapas. Oksigen juga digunakan dalam campuran anestesi, memastikan bahwa pasien mendapat pasokan yang konsisten dari gas saat tidak sadar. Unsur ini juga berperan dalam pengelasan dan industri, yang dikombinasikan dengan zat seperti asetilen, misalnya, untuk membuat obor las.


3.4 Uraian Proses Produksi Oksigen

1.        Proses Produksi
  Oksigen dalam industri diproduksi dengan cara proses pemisahan Liquid cair pada suhu rendah atau proses destilasi. Produksi oksigen pada suhu rendah, Proses  oksigen cair terdiri dari tiga tahapan proses yaitu proses pemurnian awal, proses perubahan liquid cair menjadi gas, dan


2.        Proses Pemurnian Awal
Proses pemurnian awal bertujuan untuk menghilangkan pengotor dari udara yang akan menyebabkan gangguan terhadap proses pemisahan udara pada suhu rendah. Udara dihisap kemudian disaring dengan Air Filter,  Lalu udara dialirkan melewati unit pipa alir. 

3.         Proses Perubahan Liquid cair menjadi Gas 
       Liquid cair yang berada pada Tanki pengumpulan Di pompakan kedalam alat  (Valvurage), Alat ini hanya sebagai laluan Liquid yang berbentuk pipa naik turun, sehingga liquid berubah menjadi gas.


       Proses Pengisian
      Pada Unit Filling Station, gas oksigen yang telah dievaporasi dialirkan melalui pipa-pipa kecil, lalu diisikan ke dalam tabung. Proses pengisian gas dilakukan dengan cara menekan (kompresi) gas tersebut sampai tekanan 2200 Psi ke dalam tabung-tabung gas dalam rak. Pada Unit Filling Station dilakukan pengisian untuk gas oksigen, dan udara tekan. Selanjutnya sebagai tahapan akhir dilakukan proses pengisian gas ke dalam tabung pada Unit Filling Station`

3.5 Manfaat Oksigen Bagi Tubuh

1.        Diperlukan dalam sistem pernafasan
      Oksigen diperlukan dalam proses pernafasan pada manusia, dikarenakan oksigen memiliki peran sebagai pemenuhan kebutuhan metabolisme tubuh. Bila manusia tidak lagi ada oksigen, kecil harapan untuk hidup. Oksigen diperlukan oleh semua makhluk hidup, bila tidak ada oksigen manusia menuju kepunahan dan kehidupan menuju kehancuran.

2.        Membantu fungsi sel-sel tubuh manusia
      Salah satunya adala, didalam tubuh manusia ada bakteri aerob yang hanya bisa hidup dikarenakan adanya oksigen yang masuk kedalam tubuh. Bakteri inilah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya penguraian limbah yang dilakukan oleh bakteri aerob didalam usus.

3.6 Manfaat Oksigen dalam Industri

1. Membantu Pembakaran
    Jika ingin membakar namun tidak adanya oksigen, maka pembakaran tidak akan bisa. Karena pada kenyataannya, syarat pembakaran haruslah ada tiga komponen penting, yaitu sumber panas, bahan bakar serta oksigen. Sehingga kebakaran bukan hanya karena adanya sumber api serta bahan bakar tapi juga karena ada oksigen.Namun ironisnya manfaat oksigen ini disalah gunakan dalam pembakaran hutan, yang justru merusak kadar oksigen yang menggangu lingkungan hidup sekitarnya.

2. Menerbangkan pesawat
    Pesawat terbang hanya mampu terbang dengan ketinggian maksimum 11 km. Hal ini dikarenakan semakin tinggi terbangnya, maka akan semakin berkurang kadar oksigen di udara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PRODUKSI OKSIGEN"

Post a Comment