GEAR BOX ATAU GEAR REDUCER PUMPING UNIT DURI FIELD

Gear Box atau lebih dikenal Gear Reducer adalah salah satu komponen pumping unit yang keberadaannya sangat penting. Gear Reducer berfungsi untuk menurunkan gaya putar yang diterima dari prime mover dengan bantuan belt. Gaya putar yang semula dibawa berkisar diatas 300 rpm kemudian di reduksi menjadi hanya beberapa kali putaran dalam satu menit. Bisa jadi putarannya direduksikan hingga 4 kali dari semulanya. 

Di dalam unit Gear Reducer, terdapat 3 jenis Shaft and Gear nya, yaitu :
1. High Speed Pinion / High Speed Gear
   High Speed Pinion adalah shaft yang menjadi tempat dari gearnya. HSP begitulah lazim disebut dalam industri repairing gear reducer ini. Sedangkan High Speed Gear adalah gigi yang terdapat pada HSP. Ukurannya paling kecil jika dibandingkan dengan gear medium dan low gear. Dikatakan High Speed dikarenakan gear inilah yang bergerak paling cepat di dalam Gear Reducer. HSP lah yang pertama kali menerima gaya putar yang dibawa oleh belt. Lalu High Speed Gear akan memutar Medium Speed Pinion dengan menggunakan gear high speed. Beginilah contoh gambarnya :


2. Medium Speed Pinion / Medium Speed Gear
    High Speed Pinion adalah shaft yang menjadi tempat duduknya Medium Speed Gear. MSP begitulah lazimnya disebut dalam industri repairing gear reducer ini seperti PT IMECO INTER SARANA. Sedangkan Medium Speed Pinion adalah gigi yang terdapat pada Medium Speed Pinion. Dikatakan Medium Speed Pinion dikarenakan gear ini berada di tengah - tengah sehingga gaya yang diterima pun medium. Setelah menerima gaya dari High Speed Pinion maka akan diteruskan ke Low Speed Pinion. Beginilah contoh gambarnya :


3. Low Speed Pinion / Low Speed Gear
    Low Speed Pinion adalah shaft yang menjadi tempat duduknya Low Gear. LSP begitulah lazimnya disebut dalam industri. Sedangkan Low Speed Gear adalah gigi yang terdapat pada LSP. Dikatakan Low Gear karena gaya putar yang terjadi disini sangat rendah tetapi torsinya besar agar sanggup memutar Crank dan Counterweight. Inilah gambarnya :


Mungkin sekian dulu dari saya. Semoga bermanfaat terutama untuk memajukan dunia perminyakan dan dunia teknik mesin. Kalau ada kesalahan mohon koreksinya di kolom komentar. Terima Kasih.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GEAR BOX ATAU GEAR REDUCER PUMPING UNIT DURI FIELD"

Post a Comment