PENGUKURAN BS & W

  PENGERTIAN
Dalam suatu proses produksi,air dan padatan-padatan yang terbawa atau ikut terproduksi bersama minyak harus dipisahkan. Air yang terproduksi dapat menggunakan proses refinery. Sedangkan padatan yang ikut terproduksi biasanya pasir atau serpihan, itu dapat mengganggu alat produksi. Hal ini disebabkan oleh karena batuan yang unconsolidated dan tidak kokoh. Butir-butir ini sedemikian kecilnya sehingga dapat lolos dari penyaringan dan mengendap dibawah sumur. Untuk pemisahan zat-zat yang padat dari minyak bumi berat penguapannya rendah atau kecil sehingga fraksi minyak yang hilang kecil atau sedikit.
 Metode di lab yang digunakan untuk memisahkan padatan dari minyak adalah dengan menggunakan centrifuge yang bekerja dengan prinsip pemutaran yang akan membuat zat dengan massa yang lebih berat akan terlempar ke jari-jari terluar dari putaran.
Centrifuge ini mempunyai kelebihan,antara lain:
  1.   Waktu yang diperlukan untuk memisahkan air dan minyak serta endapan lain lebih singkat  daripada dean dan stark method.
  2.   Pemindahan alat sangat mudah dilakukan.
  3.   Penguapan yang terjadi sangat kecil karena yang dipakai adalah sistem tertutup.
  4.   Metode yang dipakai ini sangat fleksibel  didalam penggunaan produksi yang berubah hanya mengurangi dan menambahkan unitnya.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGUKURAN BS & W"

Post a Comment