Gravel Pack Completion

Metode ini dilakukan bila screen liner masih tidak mampu menahan terproduksinya pasir. Caranya adalah dengan menginjeksikan sejumlah gravel dan fomasi produktif disekeliling casingnya hingga fluida akan tertahan oleh pasir yang membentuk berrier di belakang gravel dan gravel ditahan oleh screen.

A.     Prosedur Pemasangan Gravel Pack

            Dalam pengerjaannya tidak terlepas dari kondisi lubang sumur yaitu open hole atau cased hole. dari keadaan lubang sumur ini maka pemasangannya dibagi dalam dua sistem yaitu :
Þ    External gravel pack
            Adalah jenis gravel pack yang diterapkan pada kondisi open hole. Secara luas

open hole gravel pack diterapkan dimana karakteristik formasi memenuhi komplesi lubang terbuka dan instalasi kontrol kepasiran harus mempu mengalirkan fluida reservoir secara maksimum.

Perencanaan dan pemakaian gravel pack open hole yang tepat akan memberikan produktivitas lebih besar dibandingkan dengan inside gravel pack atau sand consolidation, karena casing yang terperforasi akan bersifat membatasi dan lubang bor yang diperbesar akan memperbaiki aliran radial yang terjadi di dalam sumur. Open hole (external) gravel pack akan sesuai untuk diterapkan pada sumur yang indeks produktivitasnya tidak mengalami penurunan yang besar selama produksi.
Þ    Internal gravel pack
            Adalah jenis gravel pack yang diterapkan pada kondisi lubang bor dalam keadaan tercasing dan terperforasi. Prinsip pemasangan gravel pack adalah dengan menempatkan gravel tersebut diantara liner dan casing. Metode cased hole (internal) gravel pack dapat diterapkan pada :
Ø Formasi dengan internal produksi yang panjang, dimana penempatan pasir (sand) consolidation tidak dapat diterapkan.
Ø Formasi yang berlapis-lapis, dimana produksi diharapkan dapat dilakukan melalui satu rangkaian pipa produksi.

Faktor utama yang harus diperhatikan dalam cased hole gravel pack ini adalah dilakukan pembersihan lubang perforasi dengan menggunakan fluida komplesi sebelum gravel dimasukkan ke dalam lubang sumur atau formasi, hal ini dapat mencegah terjadinya sumbatan pada alur maupun lubang perforasi. Pengoperasian gravel dengan konsentrasi tinggi akan memberikan hasil yang baik karena fluida yang kental akibat konsentrasi tinggi akan dapat mengurangi terjadinya pencampuran antara pasir formasi dengan butiran gravel. Pada Gambar 4.7. ditunjukkan penempatan gravel pada internal gravel pack completion.
            Dengan mengetahui teknik penempatan gravel dalam formasi produktif, maka bisa mendasari metode pengerjaan gravel packing. Terdapat tiga metode yang sering digunakan dalam teknik itu yaitu reverse circulation, cross over tool dan wash-down atau simplified method of gravel packing.
Metode Reserverse Circulation
            Metode ini merupakan metode sirkulasi yang dilakukan dengan memompakan butir gravel melalui annulus antara casing dan string, dimana kemudian fluida pendorong akan kembali ke atas melalui screen dan kepermukaan melalui string, terlihat pada Gambar 4.8.
Metode Cross-over Tool
            Metode ini merupakan sirkulasi yang dilakukan melalui tubing dengan bantuan pompa, melewati packer dan cross-over pipa dan kembali ke permukaan melalui annulus antara tubing dan casing seperti terlihat pada Gambar 4.9.
Metode Wash-down atau Simplified Method
Metode ini mempunyai keuntungan yang mempertahankan aliran kedalaman formasi dan menjamin bahwa caving (rongga) dipenuhi oleh gravel tanpa terikutnya sand atau shale. Pencucian screen dan liner mempunyai keuntungan untuk mengatur packing disekitar screen yang akan membuang berbagai butir-butir halus atau debris dalam gravel. Kesulitan yang mungkin timbul lepasnya packing dan kemungkinan terjadinya segregasi butir.

a.      Formasi produktif yang akan di gravel diperforasi, kemudian lubang dibersihkan dari pasir formasi.
b.      Rangkaian pipa diturunkan, kemudian diinjeksikan dengan tekanan tertentu.
c.      Screen liner dengan packer diturunkan disertai dengan pipa pembersih (wash-pipe) untuk membersihkan pasir yang ada di dalam lubang sumur.
d.     Setelah selesai penempatan screen liner pada kedalaman yang diinginkan, maka wash-pipe-nya diangkat.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gravel Pack Completion"

Post a Comment