PENENTUAN TEKANAN RATA-RATA RESERVOIR

          Seperti diketahui bahwa tekanan rata-rata reservoir,,sangat berguna untuk   penentuan karakteristik reservoir, penentuan cadangan dan peramalan kelakuan reservoir.
            Untuk reservoir yang bersifat infinite acting, besarnya tekanan rata-rata adalah P* = Pi  =  yaitu harga tekanan  pada (t  + t) / t = 1. Tetapi pada reser-voir yang terbatas, hal diatas tidak dapat dilakukan mengingat bahwa dengan adanya efek dari batas reservoir, tekanan umumnya jatuh dibawah harga P* atau dengan kata lain
 < P*.
            Ada  beberapa  metoda  yang  dikenal  untuk  menentukan  besarnya  tekanan rata-rata suatu reservoir, namun disini hanya akan dibahas metoda MBH (Mattews-Broons-hazebroek), karena metoda MBH inilah yang digunakan untuk menentukan tekanan rata-rata reservoir dilapangan.

Prosedur Penggunaan Metode Matthews-Brons-Hazebroek (MBH).
          Metode ini dapat memperkirakan harga  suatu reservoir terbatas dari hasil tes  pressure buildup. Metode ini dilakukan dengan asumsi bahwa mobilitas dan kompre-sibilitas fluida tidak bervariasi sampai sebatas radius pengurasan, atau  dapat  dikatakan  tidak ada variasi sifat-sifat fluida dan batuan reservoirnya.
Langkah-langkah penentuan  dengan metode MBH:
1. Hitung  P* dari metode Horner, kemudian hitung harga m.
2. Hitung harga  menggunakan persamaan :
                                                      ........................(3-39)
            Harga PDMBH atau lebih dikenal sebagai " MBH  Dimensionless  Pressure  " dibaca pada ordinat gambar grafik yang telah disediakan (gambar  3-10), yang mem-perlihatkan hubungan antara dimensionless pressure dan dimensionless  production  time, dimana harganya tergantung dari bentuk daerah pengurasannya dan letak  sumur. Harga absisnya diperoleh dengan menggunakan persamaan berikut :
                                                              .........................(3-40)


Hasil perhitungan  yang diperoleh digunakan dalam perhitungan flow efficiency.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENENTUAN TEKANAN RATA-RATA RESERVOIR"

Post a Comment