Gravel pack evaluation

Profil produksi pada sumur dengan gravel pack sangat dipengaruhi oleh distribusi pasir di sepanjang rangkaian liner. Untuk memahami lebih dalam tentang profil ini, integritas gravel pack yang kita sebut dengan istilah ikatan/padatan pasir pada gravel pack completion perlu dievaluasi.
Pada sumur gravel pack, segalanya tetap konstan kecuali jarak annular antara casing dengan screen. Ruangan ini dapat sepenuhnya diisi oleh pasir, terisi sebagian atau memiliki rongga yang tidak terisi pasir (bridging). Jika bridging terjadi, tindakan perbaikan harus dilakukan untuk meperbaiki padatan pasir.
Untuk mendeteksi kwalitas dari padatan pasir dapat dilakukan dengan:
·         Mengukur perubahan pada bulk density gravel pack dengan gamma ray. High density material menyebabkan lebih banyak sinar gamma yang melambat dan diserap, dan low density material menyebabkan lebih banyak sinar gamma yang terdeteksi. Volume yang tidak diisi oleh pasir akan dipenuhi oleh fluida yang diketahui densitasnya. Karena densitas antara pasir dan fluida berbeda, maka laju hitungan sinar gamma dapat dikorelasikan terhadap persentase pack.

·         Mencatat jumlah atom hydrogen diantara gravel pack sand dengan partikel neutron yaitu dengan

 Compensated Neutron Log (CNL). Prinsip kerja CNL: mencatat jumlah atom hydrogen diantara gravel pack sand dengan cara memancarkan partikel neutron ke formasi. Neutron akan melambat terutama jika bertumbukan dengan atom hidrogen. Jika tidak, neutron akan terus menembus hingga mengenai elemen unsur lain. Jika defleksi yang kecil menunjukkan kehilangan energi yang banyak, ini berarti formasi dan interval mengandung hydrogen. Karena air dan minyak banyak mengandung atom hydrogen, maka pada CNL akan mencerminkan bagian pori–pori yang dijenuhi air dan minyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gravel pack evaluation"

Post a Comment